Tentang Syiah

banyak yang harus diklarifikasi jika kalina mendengar tentang syiah, tulisan ini hanya berusaha menjelaskan beberapa hal mendasar yg sering menjadi fitnah terhadap pengikut mazhab ini :
1. Syiah memeliki Al-Qur'an yang berbeda
ini 100 % HOAX, bukankah ALLAH sendiri yang menjamin akan menjaga Al-Qur'an jadi jika ada golongan yang menganggap ada AL-Qur'An lain, artinya dia tidak percaya sama firman ALLAH. Tapi mengapa sampai fitnah ini timbul?? saya kurang paham, tapi memang dalam beberapa tulisan tentang syiah, ada di singgung tentang al-qur'an yang dikumpulkan oleh imam ALI a.s, tapi itu tidak ada sekarang, dan PERLU DITEKANKAN al-qur-an nya tetap sama cuma yg berbeda susunan Surah, dan menurut riwayat AL-Qur'an yg disusun oleh Imam Ali A.s itu disertai terjemahan dan kisah turunnya ayat (untuk hal ini ALLAH yang maha mengetahui) tapi sekali lagi AL-Qur'an Syiah sama dengan Al-Qur'an yg ada sekarang.

2. Syiah tidak mengakui Rasulullah dan menganggap ALi a.s lebih tinggi.
Ini perlu penjelasan karena orang2 yang melempar isu ini telah melakukan distorsi yang keji, Syiah Mencintai dan Mengakui Rasulullah dalam shalat mereka bershalawat untuk beliau dan keluarganya. Memang dalam Syiah ada prosedur menjadi Khalifah yakni Nabi, kemudian Rasul, Kemudian Imam, Nah disinilah yg sering terjadi kesalahpahaman. Muhammad itu Nabi,Rasul dan Imam, sama sperti Ibrahim, sedangkan Imam ALi a.s hanya Imam, seorang Imam, kedudukannya lbih tinggi dari Rasul dan Nabi, makanya Pengikut Mazhab Syiah Menganggap Muhammad tertinggi kemudian Imam ALi a.s (dan ahlul baytnya), lho kok bisa??? iya karena ummat syiah percaya Imam Mahdi a.s (yang merupakan imam ke-12 yag gaib keturunan Imam Ali a.s) akan menjadi Imam bagi Nabi Isa ketika dimunculkan kembali. JADI Rasulullah lebih tinggi derajatnya.

3. Syiah Shalat 3 Kali??
Iya benar orang2 yang mengikuti mazhab syiah shalat hanya di 3 waktu (bukan 3 kali), shalatnya tetap 5 kali, ada Hadist yg menjelaskan ini silahkan di googling.

4. Syiah melaknat para sahabat??
Salah!! syiah mengakui Abu Bakar,Umar, Usman sebagai khalifah tidak ada pemberontakan saat itu oleh kaum syiah, tapi hanya sebatas khalifah, Imamnya tetap Imam ALi.a.s, silahkan di cek bahkan ABu Bakar dan Umar pun menjadikan Imam Ali.a.s sebagai tempat meminta pendapat, cuma memang banyak buku bermazhab syiah mengkritisi kepemimpinan Abu Bakar,Umar dan Khususnya Usman, tapi ingat ini semacam mengkritisi bukan melaknat.

5. Syiah tidak mengakui Hadist2 shahih??
Hadist Shahih itu menjadi debatable, teori mendasarnya jika kamu ingin tahu tentang si A, maka cerita yang kamu ingin dengar dari keluarga atau sahabatnya? jawabnya dua2nya, tapi mana yg lebih dipercaya jika berbenturan? maka jawaban logisnya adalah keluarganya, makanya mazhab syiah lebih banyak mengambil Hadist yg diriwayatkan oleh ahlulo bayt bukan oleh ABu hurairah.

Banyak hal yang bisa kita bantah dan berdebat soal2 mazhab ini, tapi di INDONESIA, MUI sudah mengakui Syiah Mazhab yang sah, maka hormati itu dan berhentilah saling mengkafirkan, biar pada akhirnya ALLAH yang maha Bijaksana menghakimi ijtihad, dan pilihan2 kita...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kontra post, sebuah teori pembukuan usang

sajak Ibu made in Aan Mansyur

Puisi : Zeus di Bukit Olympus