kontra post, sebuah teori pembukuan usang

Pernah dengar tentang sistem pembukuan kontra post..iya sistem pembukuan apabila terjadi kesalahan perhitungan atau kesalahan tulis maka diperbaiki dengan cara menuliskan selisih/beda angkanya ke kolom lainnya (kalo debet maka selisihnya dikreditkan, begitu pula sebaliknya). Teori ini dibuat dengan dalam zaman pembukuan hanya mengenal pencatatan di buku, tidak ada sama sekali computer saat ide kontra post ini dirumuskan, sekarang dengan adanya computer apakah teori ini masih layak?

Menurutku teori ini sudah tidak layak namun masih bisa digunakan. Dengan adanya sistem computer maka kita tidak perlu melakukan kontra post cukup mengedit saja (ini jika kita berpikir jangka pendeknya), jika ini disinyalir mempermudah manipulasi data, saya secara pribadi menganggapnya sebagai hal yang absurd, kenapa demikian karena jika dilakukan pemeriksaan yang diperiksa bagi seorang bendahara iyalah apakah pembukuan yang dia buat memiliki bukti2 formal dan fisik yang mendukung dan apakah sesuai dengan angka yang tertera dalam pembukuan, jadi konsep mengedit data kesalahan tulis (kesalahan hitung pada computer nyaris tertutup) bukanlah sebuah kesalahan manipulasi data.

Disamping itu pembukuan seharusnya menganut konsep efektif dan efesien, sehingga konsep kontra pos (dan penulisan dengan tangan) merupakan konsep yang jauh dari kata efektif dan efesien tadi. Namun yang perlu tetap diperhatikan adalah bahwa hasil olahan data pembukuan wajib dicetak tiap bulan, baru kemudian apabila telah dicetak lalu ditemukan ada kesalahan tulis (baca ketik) ada dua hal yg bisa dipilih, memanfaatkan teori kontra post atau mengedit dan memprint ulang, namun karena konsep pembukuan yang efesien sebaiknya dalam hal ini teori kontra post.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi : Zeus di Bukit Olympus

sajak Ibu made in Aan Mansyur