Cegah Makassar jadi Kota MACET


Makassar menjadi kota macet, jika anda melewati Jl.Pettarani, Jl.Toddopuli, Jl.Perintis depan M'Tos pagi dan sore hari maka bersiap lah dengan kemacetan panjang, wilayah Antang tempat tinggalku juga menjadi tren macet di pagi hari dan sore, Makassar menuju kota dunia yang penuh kemacetan.

Ide mengatasi kemacetan makassar justru mengikuti ide Kota Jakarta, membuat busway, saya sebagai penduduk jelas pusing, apakah busway dijakarta itu efektif?? Apakah jakarta tidak macet sejak ada Busway?? tidak perlu dijawab anda sudah tahu jawabannya.

Membuat Busway, jelas akan membuat pro dan kontra, dan saya rasa yang pertama berteriak adalah supir pete-pete (istilah angkot di wilayah makassar), karena merasa lahan mereka diambil, sungguh sebuah hal yang bisa memicu emosi. Lalu adakah solusi lain?? jawabannya ada?? kenapa tidak maksimalkan apa yang kita punya sekarang.

Maksimalkan Pete-Pete, dana untuk membuat busway, kita jadikan subsidi buat Pete-Pete memasang AC, jadi hukumnya pete-pete wajib memasang AC dan jika dalam waktu satu tahun tidak pasang AC maka izin trayeknya tidak diperpanjang, OK ini juga bisa buat marah supir pete-pete, tapi kan mereka dah diberi kesempatan dan disubsidi, jika perlu tarif nya di naikkan untuk biaya perawatan AC, saya yakin sebagian besar dari kita bersedia membayar lebih asalkan merasa nyaman.

Langkah selanjutnya ialah membuat halte, tiap 500 meter s.d 1 km,sebagai, gunanya Pete-Pete tidak boleh menurunkan penumpang dan menaikkan penumpang jika bukan di halte.

Kemudian untuk menjaga kestabilan pelayanan angkutan umum, maka di buka hotline telepon pengaduan konsumen, jadi konsumen berhak melaporkan pete-pete yang tidak layak buat konsumen, sanksinya ialah sanksi yang tegas yakni pencabutan izin trayek, jika keluhan konsumen dianggap melebihi batas toleransi.

Saya yakin jika angkutan umum (pete-pete) yang ada dapat di maksimalkan, maka kendaraan pribadi akan berkurang di jalanan.

demikian ide gila saya, seperti biasanya ini hanya ide yang akan menguap karena semua kebijakan ada pada pemerintah :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kontra post, sebuah teori pembukuan usang

Puisi : Zeus di Bukit Olympus

sajak Ibu made in Aan Mansyur