Monumen Mandala. di bangun buat di lupakan



Yang pernah tinggal, hidup atau singgah di Makassar pernah lihat Monumen Mandala, Monumen Pembebasan Irian Barat, yang di resmikan sama Pak Harto, lupa tahun berapa :)

Monumen yang didirikan di atas bekas markas pasukan pembebasan Irian Barat itu, kini menjadi monumen bersejarah dalam artian tinggal sejarah, pemprov dan pemkot tak memperhatikannya sama sekali, Monumen yang niatnya didirikan buat mengenang jasa pahlawan dan semangat perjuangan Pembebasan Irian Barat dari cengkraman Belanda yang belum juga mau menyerahkan wilayah itu sebagaimana yang di janjikan dalam KMB, kini hanya bangunan di tengah kota yang nda jelas fungsinya apa?? di buka untuk umum juga tidak?? dirawat apalagi??. MONUMEN MANDALA akhirnya seperti sekarang hanya tempat foto2 di halaman depannya dan kemudian dilupakan, ditaklukan oleh lumut dan rayap.

Entah siapa yang bertanggung jawab Pemprov atau Pemkot, yang katanya dua pucuk pimpinan ini bakal bersaing menjadi SULSEL 01 tahun 2013 nanti, menurutku keduanya tidak punya konsep membangun SULSEL umumnya dan Makassar khususnya.

Pemprov sibuk dengan program besarnya CPI (central Point of Indonesia) dan tidak bertindak cepat melihat jalan poros SULSEL yang hancur lebur karena pembangunan jalan yang masih belum selesai dan terpotong2 yang kendalanya ada yang diakibatkan salah ukur buat tender proyek. Pemkot lebih parah di stasiun TV nasional berkoar tentang Makassar bakal buat jalan khusus sepeda, atur kemacetan dan truk2 yang masuk kota dan menyebabkan macet saja nda becus, bikin ide sok keren lagi, padahal orang makassar tau itu hanya "gayanaji".

Semoga Pemprov dan Pemkot sadar dan kembali memperhatikan Monumen Mandala, bukankah sebenarnya monumen itu bisa jadi tempat wisata sejarah, tapi mungkin Pemprov dan Pemkot kita tidak suka sejarah, mereka lebih suka RUKO di mana-mana, dalam benak mereka RUKO dan Mall adalah lambang kemajuan, bagi rakyat kecil seperti saya itu jadi masalah kemacetan, dan genangan air, tapi apalah artinya rakyat bukankah pembangunan RUKO memacu penghasilan SULSEL atau mungkin hanya 'pejabat' SULSEL.

Mandala mungkin juga akan senasib saudaranya benteng SOmba Opu, dibangun buat di lupakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kontra post, sebuah teori pembukuan usang

Puisi : Zeus di Bukit Olympus

sajak Ibu made in Aan Mansyur